Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manajemen
Dalam artikel ini,akan menjelaskan akan Dasar-Dasar manajemen untuk dapat memimpin suatu oorganisasi dengan lancar,tepat,dan success.

Maka itu bagi anda yang ingin belajar secara otodidak akan ilmuu-ilmu manajemen mari kita mulai perkuliahan kita....
#kaya mau kuliah aja...mukee gilee,.. :D

Baiklah langsung saja kita mulai..
Sebelum mengetahui apa itu manajemen,ada baiknya kalau kita mengetahui akan arti dari organisasi.Organisasi yaitu merupakan sekumpulan 2 orang/lebih yang bekerja bersama-bersama secara terstruktur (menggunakan ilmu manajemen) untuk mencapai tujuan yang spesifik/beberapa tujuan.

  
Setelah itu mari kita mulai untuk mempelajari ilmu manajemen.
Manajemen yaitu proses menggunakan berbagai sumber daya organisasi dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi melalui berbagai fungsi,seperti fungsi merencanakan, fungsi mengorganisasi, fungsi memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi.
Dan hubungan antara organisasi dan manajemen saling terikat satu sama lain.
Proses disini dapat dikatakan sebagai cara yang sisttematis yang sudah ditetapkan dalam menangani kegiatan.
Daya juga memiliki arti sebagai sumber kekuatan dalam manajemen,dan dikenal dengan 6M yaitu: 
·         SDM
·         Money
·         Metode
·         Mesin
·         Market
·         Material 
 Manajemen dapat berperan menjadi beberapa sub tatanan dalam kehidupan manusia.Peran tersebut yaitu:
·         Manajemen sebagai ilmu   : karena mampu menjadi referensi/rujukan.
·         Manajemen sebagai karier : karena didalam sekolah ada karier dalam tiap prodi.
·         Manajemen sebagai seni   : karena dengan menggunakan seni dalam memimpin,maka akan dapat memimpin dengan baik.
·         Manajemen sebagai orang : karena orang mengatur manajemen
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghdMV_lobY3iGqcR_1VPfzF8USOx2e_5FAx42KR2jSivEd5wkFMzBk6_DbbSh4bLB568pGmUVuHOO_K7Bi3yJ8GQfDrl-vgiw4gy5WGULOBulkQDtxXWVUDId2rpiKNn6RqdQzuoG5tsTW/s320/a43.jpgDalam suatu manajemen pastinya ada tatanan struktur organisasi yang menjalankan organisasi tersebut dengan baik,baik dari jabatan tertiinggi hingga terendah.Disini saya hanya akan membahas tentang "Manajer","Manajer" yaitu orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai sasarannya.
Manajer juga terdapat beberapa tingkatan dalam organisasi atau perusahaan,yaitu:
1.      Manajer puncak (eksekutif)
2.      Manajer menengah (kepala bagian,kepala divisi)
3.      Manajer lini (kepala seksi,supervisor)    
Dalam manajemen harus terdapat ukuran untuk menghitung/mengukur prestasi kerja manajer.Dan untuk mengukurnya maka harus mengetahui ukuran seberapa efisien dan efektif seorang manajer, seberapa baik dia menetapkan tujuan yang memadai.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuY0yTBzBBilivAqkrB45mV-D6mtjlJg5p33JdwrR0exQ9BBTZXteZCmMyWbDhY44QCuSaTeNcGhl9ixdbWinOMBsmjbt-9Kwy82dzkuBWRNHULMq5WEAxmjpLLdmnKtuJoNSdiYT173Io/s1600/leftpic_samplereport.jpgSelain itu ada juga ukuran kerja tentang "prestasi kerja organisasi",dan dapat diukur dengan cara mengetahui ukuran seberapa efisien dan efektif sebuah organisasi, seberapa baik organisasi itu mencapai tujuan yang memadai.

Dalam memanajemen suatu perusahaan/organisasi diperlukan suatu sasaran agar dapat mampu mencapai hasil dari tujuan yang diinginkan.Sasaran tersebut yaitu :
·                Tujuan yang diusahakan untuk dicapai oleh suatu organisasi dan sasaran merupakan elemen dasar dari organisasi
·                Organisasi sering kali mempunyai lebih dari satu sasaran. 

Manajer harus memeliki tatanan internal untuk memimpin perusahaan/organisasi,tatanan itu yaitu :
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjY4cqalOcExcWNsOgvDHT4RVRKezgJZh7BAYnylVNDXsaCayQWlM9zUob8aIC1pFUQrNyecWl-xM3LVf7v23rEO34j7jV7zCV2JAMYGe-_zlnyLfYHigWQrB_zzCuehJ-LK8AdiTEApXuo/s1600/New-Picture-15.bmp
·               Planing : Proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi. 
·               Organizing : Proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerja sama dalam cara yang terstruktur guna mencapai sasaran yang spesifik atau beberapa sasaran. 
·              Leading : Proses mengarahkan dan mempengaruhi aktifitas yang berkaitan dangan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi.
·               Controlling : Proses untuk memastikan bahwa aktifitas sebenarnya sesuai denan aktifitas yang direncanakan.
·              Efficiency : Kemampuan untuk meminimalkan sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi :“melakukan dangan tepat”.
·               Effectiveness : Kemampuan untuk meminimalkan sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi : “melakukan dangan tepat.

 Bisnis
Bisnis merupakan kegiatan utama yang dilakukan oleh perusahaan.Bisnis adalah aktifitas usaha yang akan mendatangkan profit atau laba.
Dalam berbisnis ada beberapa strategi,yaitu :
·               knowledge merupakan pengetahuan akan perusahaan,nasabah,produk,dan pesaing.
·               attitude merupakan sikap mental positif yang meliputi rendah hati,percaya diri,sabar,tekun,jujur,dapat menghargai,bertanggung jawab,disiplin.
·               skill merupakan kepandaian dalam berkomunikasi,menjual,berpikirkreatif,memecahkan masalah,hubungan antar manusia.
·               habits merupakan penerapan ketrampilan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan kerja yang positif.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar