Manajemen
Dalam artikel ini,akan menjelaskan akan
Dasar-Dasar manajemen untuk dapat memimpin suatu oorganisasi dengan
lancar,tepat,dan success.
Maka itu bagi anda yang ingin belajar
secara otodidak akan ilmuu-ilmu manajemen mari kita mulai perkuliahan kita....
#kaya mau kuliah aja...mukee gilee,..
:D
Baiklah langsung saja kita mulai..
Sebelum mengetahui apa itu
manajemen,ada baiknya kalau kita mengetahui akan arti dari organisasi.Organisasi
yaitu merupakan sekumpulan 2 orang/lebih yang bekerja bersama-bersama secara
terstruktur (menggunakan ilmu manajemen) untuk mencapai tujuan yang
spesifik/beberapa tujuan.
Setelah itu mari kita mulai untuk
mempelajari ilmu manajemen.
Manajemen yaitu proses menggunakan berbagai sumber daya
organisasi dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi melalui berbagai
fungsi,seperti fungsi merencanakan, fungsi mengorganisasi, fungsi memimpin, dan
mengendalikan pekerjaan anggota organisasi.
Dan hubungan antara organisasi dan
manajemen saling terikat satu sama lain.
Proses disini dapat
dikatakan sebagai cara yang sisttematis yang sudah ditetapkan dalam menangani
kegiatan.
Daya juga memiliki arti
sebagai sumber kekuatan dalam manajemen,dan dikenal dengan 6M yaitu:
·
SDM
·
Money
·
Metode
·
Mesin
·
Market
·
Material
Manajemen dapat berperan menjadi
beberapa sub tatanan dalam kehidupan manusia.Peran tersebut yaitu:
·
Manajemen
sebagai ilmu : karena mampu menjadi referensi/rujukan.
·
Manajemen
sebagai karier : karena didalam sekolah ada karier dalam tiap prodi.
·
Manajemen
sebagai seni : karena dengan menggunakan seni dalam memimpin,maka
akan dapat memimpin dengan baik.
·
Manajemen
sebagai orang : karena orang mengatur manajemen
Dalam suatu manajemen pastinya ada
tatanan struktur organisasi yang menjalankan organisasi tersebut dengan baik,baik
dari jabatan tertiinggi hingga terendah.Disini saya hanya akan membahas tentang
"Manajer","Manajer"
yaitu orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan
membantu organisasi dalam mencapai sasarannya.
Manajer juga terdapat beberapa
tingkatan dalam organisasi atau perusahaan,yaitu:
1.
Manajer
puncak (eksekutif)
2.
Manajer
menengah (kepala bagian,kepala divisi)
3.
Manajer
lini (kepala seksi,supervisor)
Dalam manajemen harus terdapat ukuran
untuk menghitung/mengukur prestasi kerja manajer.Dan untuk mengukurnya maka
harus mengetahui ukuran seberapa efisien dan efektif seorang manajer, seberapa
baik dia menetapkan tujuan yang memadai.
Selain itu ada juga ukuran kerja
tentang "prestasi kerja organisasi",dan dapat diukur dengan cara
mengetahui ukuran seberapa efisien dan efektif sebuah organisasi, seberapa baik
organisasi itu mencapai tujuan yang memadai.
Dalam memanajemen suatu
perusahaan/organisasi diperlukan suatu sasaran agar dapat mampu mencapai hasil
dari tujuan yang diinginkan.Sasaran tersebut yaitu :
·
Tujuan yang diusahakan untuk dicapai oleh suatu organisasi dan sasaran
merupakan elemen dasar dari organisasi
·
Organisasi sering kali mempunyai lebih dari satu
sasaran.
Manajer harus
memeliki tatanan internal untuk memimpin perusahaan/organisasi,tatanan itu yaitu :
·
Planing : Proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai
sasaran tadi.
·
Organizing : Proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk
bekerja sama dalam cara yang terstruktur guna mencapai sasaran yang spesifik
atau beberapa sasaran.
·
Leading : Proses
mengarahkan dan mempengaruhi aktifitas yang berkaitan dangan pekerjaan dari
anggota kelompok atau seluruh organisasi.
·
Controlling : Proses untuk memastikan bahwa aktifitas sebenarnya
sesuai denan aktifitas yang direncanakan.
·
Efficiency : Kemampuan untuk meminimalkan sumber daya dalam
mencapai tujuan organisasi :“melakukan dangan tepat”.
·
Effectiveness : Kemampuan untuk meminimalkan sumber daya dalam
mencapai tujuan organisasi : “melakukan dangan
tepat.
Bisnis
Bisnis merupakan
kegiatan utama yang dilakukan oleh perusahaan.Bisnis adalah aktifitas usaha
yang akan mendatangkan profit atau laba.
Dalam berbisnis ada
beberapa strategi,yaitu :
·
knowledge merupakan pengetahuan akan
perusahaan,nasabah,produk,dan pesaing.
·
attitude merupakan sikap mental positif yang meliputi rendah
hati,percaya diri,sabar,tekun,jujur,dapat menghargai,bertanggung
jawab,disiplin.
·
skill merupakan kepandaian dalam berkomunikasi,menjual,berpikirkreatif,memecahkan
masalah,hubungan antar manusia.
·
habits merupakan penerapan ketrampilan secara terus menerus
sehingga menjadi kebiasaan kerja yang positif.
0 komentar:
Posting Komentar