Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Fungsi Pengorganisasian


Fungsi dari pengorganisasian yaitu kegiatan yang mengatur tugas, wewenang, dan tanggung jawab serta Pengorganisasian yang baik dapat menempatkan orang – orang pada tugas yang tepat

Cara Penerapan Pengorganisasian, Memerlukan Proses untuk Mengetahui :

Bagaimana menentukan jenis tugas sesuai dengan ,tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Tugas ini dikenal dengan departementasi.

Bagaimana membagi tugas berupa penempatan orang – orang pada tugas yang sesuai dengan kemampuannya Tugas ini dikenal dengan PEMBAGIAN TUGAS

Bagaimana memberikan tugas kepada setiap orang, dan menimbulkan rasa tanggung jawab.

  Tugas ini dikenal dengan DELEGSI WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB.

Langkah-langkah melaksanakan fungsi pengorganisasian : 

1.Kenali tujuan-tujuan yang ingin dicapai

2.Perinci pekerjaan sampai hal yang sekecil mungkin

3.Kelompokan kegiatan yang akan dilaksanakan

4.Pertegas tugas-tugas dan berikan tujuan yang memadai untuk setiap aktivitas/kelompok 
aktifitas

5.Berikan tugas-tugas tersebut pada orang yang BERMUTU, atau yang dapat dikembangkan 
secara POTENSIAL

 6.Beritahuukan pada setiap anggota tentang kegiatan-kegiatan yang diharaokan olehnya, dalam rangka melaksanakan tugas dan hubungannya dengan organisasi lainnya

Desain jabatan dan struktur organisasi :
Merupakan cara yang utama dalam membagi tugas – tugas.

Setiap posisi dalam organisasi diharapkan memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan organisasi.
   
 *Cakupan Tiap Jabatan Pekerjaan

1. Generalisasi tugas

Keuntungan: meningkatkan kepuasan kerja / jabatan dan mutu kehidupan kerja serta akan mengarah ke suatu angkatan kerja yang terlatih.
Kerugian : keahlian tidaklah mungkin dikembangkan sepenuhnya.
  
2. Spesialisasi Tugas 

Keuntungan : memungkinkan dikembangkannya keahlian dalam angkatan kerja.
Kerugian : dapat menimbulkan kesulitan dalam koordinasi dan banyak karyawan tidak menyukai hal – hal yang monoton yang erat kaitannya demgan spesialisasi itu sendiri.

3.Struktur organisasi
Mengacu pada cara membagi, mengelompokkan, dan mengkoordinasikan aktivitas organisasi menjadi hubungan antara :
  Manajer dan Karyawan
  Manajer dan Manajer
  Karyawan dan Karyawan

Struktur Departemen Organisasi secara formal dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu :
  menurut fungsi
  menurut produk pasar (divisi)
  dalam bentuk matriks 
 



 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar