Fungsi
dari pengorganisasian yaitu kegiatan yang mengatur tugas, wewenang, dan
tanggung jawab serta Pengorganisasian yang baik dapat
menempatkan orang – orang pada tugas yang tepat
Cara Penerapan Pengorganisasian,
Memerlukan Proses untuk Mengetahui :
• Bagaimana menentukan jenis tugas sesuai dengan ,tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Tugas
ini dikenal dengan departementasi.
• Bagaimana membagi tugas berupa penempatan orang – orang pada tugas yang sesuai dengan kemampuannya Tugas ini dikenal dengan PEMBAGIAN TUGAS
• Bagaimana memberikan tugas kepada setiap orang, dan menimbulkan rasa tanggung jawab.
Tugas ini dikenal dengan DELEGSI WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB.
Langkah-langkah melaksanakan fungsi pengorganisasian :
1.Kenali tujuan-tujuan yang ingin dicapai
2.Perinci
pekerjaan sampai
hal yang sekecil mungkin
3.Kelompokan kegiatan yang akan dilaksanakan
4.Pertegas tugas-tugas dan berikan tujuan yang memadai untuk setiap aktivitas/kelompok
aktifitas
5.Berikan tugas-tugas tersebut pada orang yang BERMUTU, atau yang dapat dikembangkan
secara POTENSIAL
6.Beritahuukan pada setiap anggota tentang kegiatan-kegiatan yang diharaokan olehnya, dalam rangka melaksanakan tugas dan hubungannya dengan organisasi lainnya
Desain
jabatan dan struktur organisasi :
• Merupakan
cara yang utama dalam membagi tugas – tugas.
• Setiap
posisi dalam organisasi diharapkan memberikan kontribusi terhadap pencapaian
tujuan organisasi.
*Cakupan
Tiap Jabatan Pekerjaan
1. Generalisasi tugas
• Keuntungan: meningkatkan kepuasan kerja / jabatan dan mutu kehidupan kerja serta akan mengarah ke suatu angkatan kerja yang terlatih.
• Kerugian : keahlian tidaklah mungkin
dikembangkan sepenuhnya.
2.
Spesialisasi Tugas
• Keuntungan : memungkinkan dikembangkannya keahlian dalam angkatan kerja.
•
Kerugian : dapat menimbulkan
kesulitan dalam koordinasi dan banyak karyawan tidak menyukai hal – hal yang
monoton yang erat kaitannya demgan spesialisasi itu sendiri.
3.Struktur organisasi
• Mengacu pada cara membagi,
mengelompokkan, dan mengkoordinasikan aktivitas organisasi menjadi hubungan
antara :
Manajer dan Karyawan
Manajer dan Manajer
Karyawan dan Karyawan
• Struktur Departemen Organisasi secara formal dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu :
menurut fungsi
menurut produk pasar (divisi)
dalam bentuk matriks
0 komentar:
Posting Komentar