Manajemen
Dalam
artikel ini,akan menjelaskan akan Dasar-Dasar manajemen untuk dapat memimpin
suatu oorganisasi dengan lancar,tepat,dan success.
Maka
itu bagi anda yang ingin belajar secara otodidak akan ilmuu-ilmu manajemen mari
kita mulai perkuliahan kita....
#kaya
mau kuliah aja...mukee gilee,.. :D
Baiklah
langsung saja kita mulai..
Sebelum
mengetahui apa itu manajemen,ada baiknya kalau kita mengetahui akan arti dari
organisasi.Organisasi yaitu merupakan sekumpulan 2 orang/lebih yang
bekerja bersama-bersama secara terstruktur (menggunakan ilmu manajemen) untuk
mencapai tujuan yang spesifik/beberapa tujuan.
Setelah
itu mari kita mulai untuk mempelajari ilmu manajemen.
Manajemen
yaitu proses menggunakan berbagai sumber daya organisasi dalam rangka untuk mencapai tujuan
organisasi melalui berbagai fungsi,seperti fungsi merencanakan, fungsi
mengorganisasi, fungsi memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota
organisasi.
Dan
hubungan antara organisasi dan manajemen saling terikat satu sama lain.
Proses
disini dapat dikatakan sebagai cara yang sisttematis yang sudah ditetapkan
dalam menangani kegiatan.
Daya
juga memiliki arti sebagai sumber kekuatan dalam manajemen,dan dikenal dengan
6M aitu:
- SDM
- Money
- Metodey
- Mesin
- Market
- Material
Manajemen
dapat berperan menjadi beberapa sub tatanan dalam kehidupan manusia.Peran
tersebut yaitu:
- Manajemen sebagai ilmu : karena mampu menjadi referensi/rujukan.
- Manajemen sebagai karier : karena didalam sekolah ada karier dalam tiap prodi.
- Manajemen sebagai seni : karena dengan menggunakan seni dalam memimpin,maka akan dapat memimpin dengan baik.
- Manajemen sebagai orang : karena orang mengatur manajemen
Dalam
suatu manajemen pastinya ada tatanan struktur organisasi yang menjalankan
organisasi tersebut dengan baik,baik dari jabatan tertiinggi hingga
terendah.Disini saya hanya akan membahas tentang "Manajer","Manajer" yaitu orang yang bertanggung
jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai
sasarannya.
Manajer
juga terdapat beberapa tingkatan dalam organisasi atau perusahaan,yaitu:
- Manajer puncak (eksekutif)
- Manajer menengah (kepala bagian,kepala divisi)
- Manajer lini (kepala seksi,supervisor)
Dalam
manajemen harus terdapat ukuran untuk menghitung/mengukur prestasi kerja manajer.Dan
untuk mengukurnya maka harus mengetahui ukuran seberapa efisien dan efektif
seorang manajer, seberapa baik dia menetapkan tujuan yang memadai.
Selain
itu ada juga ukuran kerja tentang "prestasi kerja organisasi",dan
dapat diukur dengan cara mengetahui ukuran seberapa efisien dan efektif sebuah
organisasi, seberapa baik organisasi itu mencapai tujuan yang memadai.
Dalam
memanajemen suatu perusahaan/organisasi diperlukan suatu sasaran agar dapat
mampu mencapai hasil dari tujuan yang diinginkan.Sasaran tersebut yaitu :
·
Tujuan yang diusahakan untuk dicapai oleh suatu organisasi dan sasaran
merupakan elemen dasar dari organisasi
·
Organisasi sering kali mempunyai lebih dari satu
sasaran.
·
Planing : Proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai
sasaran tadi.
·
Organizing : Proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk
bekerja sama dalam cara yang terstruktur guna mencapai sasaran yang spesifik
atau beberapa sasaran.
·
Leading : Proses
mengarahkan dan mempengaruhi aktifitas yang berkaitan dangan pekerjaan dari
anggota kelompok atau seluruh organisasi.
·
Controlling : Proses untuk memastikan bahwa aktifitas sebenarnya
sesuai denan aktifitas yang direncanakan.
·
Efficiency : Kemampuan untuk meminimalkan sumber daya dalam
mencapai tujuan organisasi :“melakukan dangan tepat”.
·
Effectiveness : Kemampuan untuk meminimalkan sumber daya dalam
mencapai tujuan organisasi : “melakukan dangan
tepat.
Bisnis
Bisnis merupakan kegiatan utama yang
dilakukan oleh perusahaan.Bisnis adalah aktifitas usaha yang akan mendatangkan
profit atau laba.
Dalam berbisnis ada beberapa
strategi,yaitu :
·
knowledge merupakan pengetahuan akan
perusahaan,nasabah,produk,dan pesaing.
·
attitude merupakan sikap mental positif yang meliputi rendah
hati,percaya diri,sabar,tekun,jujur,dapat menghargai,bertanggung
jawab,disiplin.
·
skill merupakan kepandaian dalam berkomunikasi,menjual,berpikirkreatif,memecahkan
masalah,hubungan antar manusia.
·
habits merupakan penerapan ketrampilan secara terus menerus
sehingga menjadi kebiasaan kerja yang positif.
0 komentar:
Posting Komentar