Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

FUNGSI PERENCANAAN DALAM PENGORGANISASIAN/MANAJERIAL

Merupakan Fungsi Fundamental dalam Manajer Untuk Merencanakan Kegiatan yang digunakan untuk perkembangan organisasi atau perusahaan.Perencanaan yang dimaksud yaitu sebagai berikut :
lApa yang ingin dicapai (what).
lKapan dicapainya (when).
lDi mana dicapainya (where).
lSiapa yang mencapainya (who).
lMengapa perlu dicapai (why).
lBagaimana mencapainya (how).
Selain dari hal diatas,juga terdapat hal yang perlu di pehatikan untuk menjalankan suatu perencanaan untuk organisasi,yaitu menyusun suatu perencanaan praktis.
Perencanaan praktis tersebut yaitu :
1.Bagaimana proses menyusun rencana.
2.Bahan-bahan yang perlu diolah dalam proses tersebut sehinga menjadi berbagai jenis rencana.

Tahap selanjutnya dalam menyusun perencanaan yaitu harus memperhatikan prosesnya dalam menyusun.Proses yang harus diperhatikan yaitu 

a.  Mengidentifikasi masalah 
     Menemukan masalah yang dihadapi, dicari sebab-sebabnya, kemudian   dipecahkan/diatasi, setelah itu dapat ditentukan tujuan atau sasaran yan ingin dicapai.

b.   Mengumpulkan informasi

      Diperlukan informasi yang relevan dan lengkap. Informasi dapat berupa fakta ataupun asumsi.

c.  Menganalisa informasi
      Informasi diolah, dihitung, dikalkulasi, dibandngkan.

d.  Membuat pilihan rencana. 

    Diperlukan kreatifitas yang baik sehingga memudahkan membuat pilihan-pilihan rencana. Apabila mengalami kesulitan di dalam membuat pilihan tersebut, perlu dilakukan sumbang saran dari beberapa pihak.


e.  Memilih rencana yang sesuai
     Membandingkan beberapa pilihan rencana. Dipilih satu yang paling sesuai untuk dilaksanakan.
f.  Menentukan urutan tindakan
    Melaksanakan rencana secara terperinci dengan cara membuat pertanyaan sebanyak mungkin.

Setelah menyusun proses perencanaan,maka bahan-bahan yang harus diproses untuk menjadi rencana.Bahan-bahan tersebut yaitu:
  
 a.Sesuatu yan diinginkan diproses menjadi tujuan, sasaran. 

 b.Batasan ketentuan diproses menjadi kebijaksanaan. 

 c.Cara kerja diproses menjad metode. 

 d.Urutan kerja diproses menjadi prosedur,. 
  
 e.Penggunaan waktu diproses menjadi jadwal. 

 f.Sumber daya diproses menjadi anggaran. 

 g.Kaitan, jaringan diproses menjadi tata jaringan. 

 h.Sesuatu yang berturut-turut diproses menjadi program. 

 i.Sesuatu yang dijadikan ukuran diroses menjadi standar.


Setelah proses peenyusunan perencanaan selesai,maka hal yang perlu diupayakan yaitu 
 melakukan proses perencanaan strategik.Prosesnya yaitu :
  
  1.Untuk menghadapi masalah-masalah yang timbul selama ini.
  
  2.Bagaimana memanfaatkan sumber-sumber yang ada di masa mendatang.

Dari kedua hal tersebut merupakan perencanaan yang menentukan akan :
1.Kemana perusahaan akan menuju

2.Bagaimana kondisi lingkungan

3.Bagaimana perusahaan bisa sampai kesana

Dan dapat dilakukan analisa untuk menentukannya.Analisa yang digunakan dikenal dengan SWOT analisis :
1.Strenght (kekuatan-kekuatan)

2.Weaknesses (kelemahan-kelamahan)

3.Opportunities (kesempatan-kesempatan)

4.Threats (ancaman-ancaman)

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar